-
Tujuan akhir dari sistem interaktif adalah untuk meningkatkan efisiensi
dan efektifvitas
performansi user dalam pekerjaannya.
-
Performansi didefinisikan sebagai waktu
dan usaha untuk menyelesaikan tugas.
PERFORMASI
¢ 1.
The Human information processing system
¢ 2.
The User’s Psychology characteristic
¢ 3.
The User’s Knowledge & experience
¢ 4.
The User’s Physical characteristic
¢ 5.
The User’s Physical environment
¢ 6.
The User’s Tools
1.
The Human information processing system (Sistem Pengolahan Informasi Manusia)
Tiga fase pemrosesan
berhubungan dengan tiga subsistem utama dari sistem pengolahan informasi
manusia, yaitu:
1. Perceptual system (Read-scan)
2. Cognitive system (Think)
3. Motor system (Response)
Manusia
|
Komputer
|
|
Penyimpanan
|
-
Memori jangka pendek
-
Memoti jangka panjang
|
-
Register
-
Disk
|
Perangkat
Masukan
|
-
Mata
-
Telinga
-
Sentuhan
|
-
Keyboard
-
Touch
screen
-
Voice
recognizer
-
Mouse
|
Perangkat
keluaran
|
-
Tangan
-
Suara
|
-
Screen
-
Printer
|
Proses
|
-
Unit control Eksekutif
-
Pengetahuan & keterampilan
|
-
System
Operasi
-
Aplikasi
|
2.
The User’s Psychology characteristic (Karakteristik Psikologi Pengguna)
Sikap dan motivasi berperan penting
dalam pencapaian tugas seseorang yang meliputi motor skills, dan cognitive skills .
Sistem interaktif dapat dirancang untuk :
a.memperkecil hal negative seperti emosi,
ketakutan, ketertarikan,
kebosanan
dll.
b.memaksimalkan kepuasan kerja dan sikap seperti
pemberian kuasa.
Cognitive
style
|
Sikap
|
Motivasi
|
- Lisan
- Bisikan
|
-
Positif
-
Natural
-
Negatif
|
-
Tinggi
-
Moderat
-
Rendah
|
3. The User’s
Knowledge & experience (Pengetahuan& Pengalaman Pengguna)
o Ukuran
pengetahuan dan pengalaman itu saling berhubungan,tidak hanya orang baru
atau tenaga ahli.
o Kebanyakan untuk para tenaga baru dan
tenaga ahli relatif sama dengan yang lainnya.
4.
The User’s Physical characteristic (Karakteristik Fisik Pengguna)
o Handedness berpengaruh pada kemudahan
dalam menggunakan keyboard dan input device(tangan kiri ,tangan kanan)
o Color Blindness berpengaruh pada saat
menggunakan layar berwarna
o Gender berpengaruh pada motorik
Wanita
memiliki Motor yang relatif lebih lemah dan lambat daripada
pria.
Wanita memberikan performansi lebih
baik pada antarmuka berbasis
warna.
5.
The User’s Physical environment (Lingkungan Fisik Pengguna)
o Noise Level berpengaruh pada kemampuan
berkonsentrasi.
o Privacy berpengaruh pada psikologi
dan keamanan.
o Lighting berpengaruh pada kemampuan
mata dalam membaca.
o Workspace dimension &
layout, Furniture & Equipment berpengaruh pada kenyamanan bekerja.
6.
The User’s Tools (Peralatan Pengguna)
Performansi dapat dipengaruhi jenis tool yang
tepat untuk digunakan oleh user.misalnya berhitung dibantu kalkulator.
sekretaris lebih produktif mengetik dengan aplikasi word
processor(MS.Word dst).
Jika level user pada semua performansi determinan dapat diketahui
maka dapat didisain tool yang efektif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar