Jumat, 06 Januari 2012

Perancangan Tampilan



Dokumentasi
       Membuat sketsa pada kertas
       Menggunakan piranti prototipe GUI
       Menuliskan tekstual yg menjelaskan kaitan antara satu jendela dengan jendela yg lain
       Menggunakan piranti bantu CASE (Computer-aided Software Engineering)
CARA PENDEKATAN
       Program Aplikasi
       Special purpose software (pengguna khusus)
       Exp: inventori gudang,akademis mahasiswa,reservasi hotel dll)
       Pendekatan : user-centered design approach (melibatkan pengguna)
       General purpose sofware (publik/banyak pengguna)
       Pendekatan : customization
       Exp:  setting pada Display Properties
Dapat menggunakan pendekatan-pendekatan lain asalkan tidak mengabaikan pengguna

PRINSIP DAN PETUNJUK PERANCANGAN
       Urutan Perancangan :
       Pemilihan Ragam Dialog (disesuaikan)
       Perancangan Struktur Dialog (banyak libatkan pengguna untuk diskusi)
       Perancangan Format Pesan (segi efisiensi exp: penggunaan tombol u/ mengurangi pengetikan)
       Perancangan Penanganan kesalahan (Validasi pemasukan data, proteksi pengguna, pemulihan dari kesalahan, penampilan pesan salah)
       Perancangan Struktur Data (menentukan Sdat yg cocok dan mendukung)



Perancangan Tampilan Berbasis Teks
       Urutan Penyajian (disesuaikan dengan model pengguna yg telah disusun)
       Kelonggaran (Spaciousness) : tabulasi dan spasi mempermudah dlm pencarian teks.
       Pengelompokan (data yg berkaitan dikelompokkan)
       Relevansi (pesan-pesan yg relevan dgn topik yg sedang tampil)
       Konsistensi (perancang konsisten menggunakan ruang tampilan (Frame)
       Kesederhanaan (cara paling mudah menyajikan informasi yg dipahami dan cepat)

Perancangan Tampilan Berbasis Grafis
- Ilusi pada objek-obyek yg dapat dimanipulasi
       Gunakan kumpulan obyek
       Keyakinan bahwa mudah dimengerti pengguna
       Mekanisme yg konsisten untuk memanipulasi obyek
- Urutan Visual dan fokus Pengguna
            Gunakan rangsangan visual tertentu untuk maksud tertentu, exp: simbol berkedip u posisi cursor.
- Struktur Internal
  Reveal Code : tanda khusus untuk menunjukkan perbedaan Font style.
- Kosakata grafis yang konsisten dan sesuai (gunakan simbol yg sama untuk tujuan yang sama)
-Kesesuaian dengan media ( memenuhi permintaan pengguna akan aspek kenyamanan dan keramahan antarmuka)

       Waktu Tanggap
            waktu tanggap lebih dari 14 detik menyebabkan perhatian pengguna terpecah ke aktifitas lain.
            Waktu tanggap kurang dari 2 detik dianggap memadai.
       Penanganan Kesalahan
            Kesalahan pada saat implementasi program
            kesalahan sintaksis yg secara langsung dideteksi oleh kompiler/ compile-time error.Exp: operator / dengan div, Type Mismatch
            Kesalahan Logika ketika program sedang dijalankan/run time error/fatal error.
            penyebab : data tidak sah dari pengguna dan proses eksekusi.
PIRANTI BANTU SEDERHANA
       Lembar Kerja Tampilan (LKT) / screen design work sheet
       Berbentuk lembaran kertas yang tidak perlu dipersiapkan secara khusus, tetapi  dapat menggunakan sembarang kertas kosong
       contoh :
lembar kerja tampilan (LKT)

JARING SEMANTIK TAMPILAN
       Agar  pemogram tidak perlu membolak-balik lembar kerja pada saat ia menuliskan program untuk disesuaikan dengan navigasi pada setiap lembar kerja, akan lebih mudah dengan menggambarkannya lewat suatu bagan yg disebut Jaring Semantik tampilan.
       Contoh :



Jaring Semantik

      2 komponen :
       Nomor Tampilan (lembar kerja)
       Transisi yg menyebabkan perpindahan ke tampilan lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar