Dokumentasi
•
Membuat sketsa pada kertas
•
Menggunakan piranti prototipe GUI
•
Menuliskan tekstual yg menjelaskan
kaitan antara satu jendela dengan jendela yg lain
•
Menggunakan piranti bantu CASE
(Computer-aided Software Engineering)
CARA PENDEKATAN
•
Program Aplikasi
•
Special purpose software (pengguna
khusus)
•
Exp: inventori gudang,akademis
mahasiswa,reservasi hotel dll)
•
Pendekatan : user-centered design
approach (melibatkan pengguna)
•
General purpose sofware (publik/banyak
pengguna)
•
Pendekatan : customization
•
Exp:
setting pada Display Properties
Dapat
menggunakan pendekatan-pendekatan lain asalkan tidak mengabaikan pengguna
PRINSIP DAN PETUNJUK PERANCANGAN
•
Urutan Perancangan :
•
Pemilihan Ragam Dialog (disesuaikan)
•
Perancangan Struktur Dialog (banyak
libatkan pengguna untuk diskusi)
•
Perancangan Format Pesan (segi
efisiensi exp: penggunaan tombol u/ mengurangi pengetikan)
•
Perancangan Penanganan kesalahan
(Validasi pemasukan data, proteksi pengguna, pemulihan dari kesalahan,
penampilan pesan salah)
•
Perancangan Struktur Data (menentukan
Sdat yg cocok dan mendukung)
Perancangan
Tampilan Berbasis Teks
•
Urutan Penyajian (disesuaikan dengan
model pengguna yg telah disusun)
•
Kelonggaran (Spaciousness) : tabulasi
dan spasi mempermudah dlm pencarian teks.
•
Pengelompokan (data yg berkaitan
dikelompokkan)
•
Relevansi (pesan-pesan yg relevan dgn
topik yg sedang tampil)
•
Konsistensi (perancang konsisten
menggunakan ruang tampilan (Frame)
•
Kesederhanaan (cara paling mudah
menyajikan informasi yg dipahami dan cepat)
Perancangan
Tampilan Berbasis Grafis
-
Ilusi pada objek-obyek yg dapat dimanipulasi
•
Gunakan kumpulan obyek
•
Keyakinan bahwa mudah dimengerti
pengguna
•
Mekanisme yg konsisten untuk
memanipulasi obyek
- Urutan Visual dan fokus
Pengguna
Gunakan rangsangan visual tertentu
untuk maksud tertentu, exp: simbol berkedip u posisi cursor.
-
Struktur Internal
Reveal Code : tanda khusus untuk menunjukkan
perbedaan Font style.
-
Kosakata grafis yang konsisten dan sesuai (gunakan simbol yg sama untuk tujuan
yang sama)
-Kesesuaian
dengan media ( memenuhi permintaan pengguna akan aspek kenyamanan dan keramahan
antarmuka)
•
Waktu Tanggap
waktu tanggap lebih dari 14 detik
menyebabkan perhatian pengguna terpecah ke aktifitas lain.
Waktu tanggap kurang dari 2 detik
dianggap memadai.
•
Penanganan Kesalahan
Kesalahan pada saat implementasi
program
kesalahan sintaksis yg secara
langsung dideteksi oleh kompiler/ compile-time error.Exp: operator / dengan
div, Type Mismatch
Kesalahan Logika ketika program
sedang dijalankan/run time error/fatal error.
penyebab : data tidak sah dari
pengguna dan proses eksekusi.
PIRANTI BANTU SEDERHANA
•
Lembar
Kerja Tampilan (LKT) / screen design work sheet
•
Berbentuk lembaran kertas yang tidak
perlu dipersiapkan secara khusus, tetapi
dapat menggunakan sembarang kertas kosong
•
contoh :
•
Agar
pemogram tidak perlu membolak-balik lembar kerja pada saat ia menuliskan
program untuk disesuaikan dengan navigasi pada setiap lembar kerja, akan lebih
mudah dengan menggambarkannya lewat suatu bagan yg disebut Jaring Semantik
tampilan.
•
Contoh :
Jaring Semantik |
2
komponen :
•
Nomor Tampilan (lembar kerja)
•
Transisi yg menyebabkan perpindahan ke
tampilan lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar