Rabu, 14 Mei 2014

Bagaimana mengukur keberhasilan sistem pakar ?

Sistem pakar dipandang berhasil ketika sistem tersebut mampu menggantikan sang pakar dalam mengambil keputusan baik ditinjau dari proses pengambilan keputusannya maupun hasil keputusan yang diperoleh. Menurut prof. Gill, keberhasilan sistem pakar ditinjau dari keberhasilan proses pengembangannya yang diidentifikasikan menjadi 5 fokus area :
Mengkoordinasikan pengembangan sistem pakar dengan rencana bisnis strategis dan rencana strategis untuk sumber daya informasi.
  1. Mendefinisikan masalah yang akan dipecahkan secara jelas dan dapat dipahami dengan baik oleh problem domain.
  2. Memahami sepenuhnya tentang pemakai (customer) mengenai apa yang diharapkan oleh kepakaran yang dihasilkan dari sistem pakar.
  3. Memberikan perhatian khusus pada kelayakan legal dan etis dari sistem yang diusulkan.
  4. Menggunakan teknik manajeman yang dirancang untuk mempertimbangkan tingkat kelelahan dari pengembang pada batas yang dapat diterima.

Sumber : http://asriabbas.blogspot.com/2013/09/bagaimana-mengukur-keberhasilan-sistem.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar